iden
Telepon
+62 251 8320 123
Email
ml.pasca@unpak.ac.id

Manajemen Pendidikan Efektif di Era New Normal

Prodi Administrasi Pendidikan Unpak Gelar Webinarnas Manajemen Pendidikan Efektif di Era New Normal


Pada Kamis, 11 Juni 2020 tepat jam 9 sampai jam 12 WIB Program Studi (Prodi) Magister Administrasi Pendidikan Sekolah Pascasasarjana Universitas Pakuan (Unpak) menggelar seminar nasional pendidikan  berbasis daring  (Webinarnas) bertema Manajemen Pendidikan Yang  Efektif di Era New Normal.

Acara ini disambut dan dibuka oleh Dekan Sekolah Pascasarjana Unpak, Prof.Dr. Ing. Soewarto Hardhienata. Dalam sambutanya Guru Besar Unpak ini menyatakan  kehidupan normal baru (new normal) membawa dampak yang besar dalam segala hal termasuk manajemen pendidikan.

"Para manajer dan pemimpin  lembaga pendidikan harus lebih menguasai kemampuan digital dan kemampuan baru lainnya yang sebelumnya kurang diperhatikan" kata pria yang merupakan salah satu profesor riset di Indonesia ini.

Seminar diikuti selain oleh para pimpinan di lingkungan Unpak juga diikuti oleh dosen, mahasiswa, guru dan widyaiswara, kepala sekolah dan peserta umum sekitar 500 peserta dari seluruh Indonesia dan luar negeri. Narasumber utama pada Webinarnas yaitu Bambang Sumintono, Ph.D dari Universiti Malaya, Malaysia, Prof. Dr.
M. Gorky Sembiring, M.Sc, dari Universitas Terbuka,  dan Prof. Dr. Aan Komariah, M.Pd dari Universitas Pendidikan Indonesia. Adapun para penanggap dari  peneliti dan praktisi pendidikan dari STT IKAT Jakarta Dr. Donna Sampaleng, Dosen Politeknik Negeri Manado Sulawesi Utara Dr. Seska Mengko, Dosen  Universitas Muhammadiyah Makasar, Sulawesi Selatan Dr. Baharuddin dan Guru SD di Membramo Papua Fitri Lodoara, S.Pd. Webinarnas Unpak ini dipandu oleh moderator dari Dosen FKIP Unpak, Dr. Rais Hidayat, M.Pd.

Selesai Webinarnas Pendidikan tepat pukul 13.00 WIB dilanjutkan dengan kegiatan seminar pararel session secara online dengan  60 presenter yang dibagi ke dalam 5 kelas dengan masing-masing kelas sebanyak 12 presenter. Para moderator yang memimpin presentasi  Dr. Griet Helena, Dr. Sumardi,  Dr. Yuyun Elizabeth Patras, Dr. Farida Wulandari, dan Dr. Dian Wulandari.
 
Bambang Sumintono, Ph.D Nara sumber dari  Universiti Malaya, Malaysia dalam paparannya menyatakan bahwa untuk mewujudkan manajemen pendidikan yang efektif salah satunya guru harus memiliki kepemimpinan atau pengaruh yang kuat, baik di kelas maupun luar kelas atau lingkungan masyarakat.

"Kepemimpinan guru yang kuat harus diwujudkan, guru harus meningkatkan profesionalismenya dan fokus pada action (focus on action) dengan melakukan tindakan-tindakan kreatif dan inovatif di dalam maupun luar kelas" demikian  ungkap pria lulusan S3 dari Australia ini.

Prof. Dr. Gorky Sembiring dalam paparannya menyatakan bahwa para praktisi pendidikan termasuk guru harus adaptif, kreatif dan inovatif secara berkelanjutan karena perubahan terus menerus terjadi apalagi di era new normal.

"Saya sarankan guru selesai dari acara ini langsung membuat sesuatu, misalnya membuat buku digital yang interaktif, buku jangan dicetak tapi terus menerus perbaiki dan bagikan sehingga jadi buku yang lengkap. Mulailah dari sekarang, jangan takut...terus perbaiki, pasti bagus"  papar pria kelahiran Brastagi Sumatra Utara ini.

Prof. Dr. Aan Komariah, M.Pd dalam paparanya menjelaskan bahwa kepala sekolah memiliki peran sangat penting dalam mewujudkan manajemen pendidikan yang efektif di era new normal

"Manajer dan kepala sekolah harus mampu mengembangkan e-leadership, e-manajemen dan e-supervisi dengan tetap  berpegang pada nilai pedagogik, andragogik, paragogik dan heutagogik" papar ketua Prodi Administrasi Pendidikan UPI ini.



Selesai acara Ketua Program Studi Administrasi Pendidikan Sekolah Pasca Sarjana Unpak Dr. Sumardi M.Pd menjelaskan bahwa kegiatan Webinarnas pendidika  ini merupakan kegiatan wajib mahasiswa Prodi AP sebagai bentuk implementasi dari teori dan konsep manajeman pendidikan yang sudah diajarkan.

"Saya berterima kasih kepada panitia mahasiswa AP. Pak Ketua: Nurdin, Sie Acara Vici, Sie Prosiding Firminto dan seluruh panitia yang bekerja cerdas juga tidak lupa ucapan terima kasih ini saya haturkan  pada semua dosen AP yang bimbing, khususnya  bu Dr. Yuyun, terima kasih juga kepada dukungan Pak Rektor Unpak Prof. Dr. H. Bibin Rubini, M.Pd dan Pak dekan SPS Unpak, ini bukti bahwa mahasiswa mampu mengimplementasikan ilmu yang didapat saat kuliah. saya harap Budaya Akademik yang membanggakan ini  dipertahankan dan diwariskan pada generasi yang akan datang," papar Mantan Dekan FKIP Unpak ini.

© S2 Manajemen Lingkungan - Universitas Pakuan
Jl. Pakuan Bogor - Jawa Barat. Kode Pos : 16143